Lokasi Kerajaan Majapahit, Peninggalan dan Sejarah Kerajaan Majapahit

Tempat Romantis - Lokasi Kerajaan Majapahit, Peninggalan dan Sejarah Kerajaan Majapahit merupakan suatu informasi penting dan menarik yang perlu diketahui dan dikaji lebih mendalam oleh masyarakat Indonesia.
Pasalnya sebagai kerajaan Hindu-Budha yang telah menguasai kerajaan Nusantara paling akhir, dalam sejarah di Indonesia telah dianggap sebagai kerajaan terbesar dengan kekuasaan yang dan kekuatan yang besar pula.

Lokasi Kerajaan Majapahit, Peninggalan dan Sejarah Kerajaan Majapahit
Negarakertagama telah beranggapan bahwa telah terbentang kekuasaan Kerajaan Majapahit mulai dari Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, Semenanjung Malaya, serta bagian Negara Indonesia.
Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai sejarah dari Kerajaan Majapahit, berikut akan kami ulas secara singkat mulai dari sejarah, lokasi pemerintahan, masa kejayaan dan keruntuhan kerajaan, hingga peninggalan yang bisa Anda pelajari lebih lanjut.
Sejarah dan Peninggalan Kearajaan Majapahit
Jika dilihat berdasarkan pemerintahaan raja yang menyebabkan letak ibukota berpindah saat masa pemerintahannya, terbagi menjadi 3 tempat kerajaan dari pemerintahan 3 raja yaitu Raja Raden Wijaya, Raja Jayanegara, dan Raja / Dinasti Girindrawardhana.

Lokasi Kerajaan Majapahit, Peninggalan dan Sejarah Kerajaan Majapahit

Lokasi Kerajaan Majapahit, Peninggalan dan Sejarah Kerajaan Majapahitsaat pemerintahan dipegang oleh Raden Wijaya terletak di delta sebuah bengawan, daerah pelabuhan Canggu, Kabupaten Mojokerto dengan pemerintahan yang berlangsung hingga tahun 1305 M.
Letak istana kerajaan yang tepat berhadapan dengan bengawan ini menjadikan pemandangan di luar istana berbeda dan terlihat unik jika dibandingkan dengan istana kerajaan yang lain.
Sedangkan pada pemerintahan yang dipegang oleh Raja Jayanegara berlangsung mulai tahun 1305 M hingga tahun 1478 M berada di Desa Trowulan yang mana berada di perbatasan Jombang dan Mojokerto. Di sana Anda bisa menemukan banyak bukti peninggalan kerajaan.
Berbeda lagi pada masa pemerintahan atau kekuasaan raja Bhre Hyang Purwaaisesa atau dinasti girindrawardhana yang berlangsung pada tahun 1478, kerajaan berada di daerah Kediri.
Lokasi Kerajaan Majapahit, Peninggalan dan Sejarah Kerajaan Majapahit
Setelah mengetahui dimana Lokasi Kerajaan Majapahit, Peninggalan dan Sejarah Kerajaan Majapahit, perlu diketahui pula masa kejayaan kerajaan majapahit pada masing-masing pemimpinnya, salah satu pemimpin mudanya adalah cicit dari Raden Wijaya yang bernama Hayam Wuruk.
Hampir seluruh wilayah Nusantara dikuasai oleh raja Hayam Wuruk dibantu dengan Majapatih Gajah Mada sehingga pada saat itu kerajaan Majapahit merupakan kerajaan terbesar dan terkuat. Beberapa wiayah di luar Nusantara pun mampu dikuasai seperti Thailand, Singapura, dan Malaysia.
Namun, kerajaan Majapahit pun mulai mengalami kemunduran secara drastis saat ditinggalkan oleh Mahapatih Gajah Mada dan Hayam Wuruk serta banyaknya serangan dari kerajaan Islam pada saat itu. Keruntuhan kerajaan Majapahit juga terjadi saat kerajaan dipimpin Patih Udara, tepatnya pada tahun 1518.
Dengan berdirinya kerajaan Majapahit yang cukup lama, menjadikan Lokasi Kerajaan Majapahit, Peninggalan dan Sejarah Kerajaan Majapahit banyak yang tertarik untuk mempelajarinya. Salah satu yang paling mudah untuk dipelajari yaitu peninggalan kerajaan seperti berdirinya candi-candi di wilayah kekuasaan pemerintahan.
Salah satu candi yang cukup terkenal adalah Candi Tikus yang terletak di Dukuh Mente, Desa Bejijong, Trowulan, Mojokerto. Dinamakan Candi Tikus karena pada bangunan tersebut terdapat banyak sarang tikus liar.
Lokasi Kerajaan Majapahit, Peninggalan dan Sejarah Kerajaan Majapahit
Selain itu, pada kawasan yang sama dengan Candi Tikus terdapat pula candi yang bernama Candi Brahu yang dibangun oleh Mpu Sendok dan digunakan untuk pembakaran jenazah para Raja.
Banyak candi peninggalan kerajaan majapahit lainnya yang bisa Anda pelajari seperti Candi Penataran di Blitar, Candi Surawangi, Candi Sawentar, Candi Jabung, Candi Telagawangi, Candi Sumberjati, Candi Sukuh, dan beberapa karya seni sastra yang ditinggalkan.
Demikian ulasan singkat mengenai Lokasi Kerajaan Majapahit, Peninggalan dan Sejarah Kerajaan Majapahit sehingga diharapkan mampu menambah pengetahuan Anda di bidang ilmu sejarah. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel